4 Cara Membersihkan Cache iPhone di Browser dan Aplikasi

Redaksi Nugweb April 22, 2024

Nugweb.id-Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi di perangkat iPhone Anda. Meskipun cache ini memungkinkan aplikasi untuk memuat lebih cepat, seiring waktu, bisa menyebabkan penggunaan ruang penyimpanan yang tidak perlu.

Membersihkan cache secara teratur dapat membantu mempercepat kinerja perangkat Anda dan membebaskan ruang penyimpanan yang berharga. Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah tentang cara membersihkan cache di iPhone Anda.

Cara Membersihkan Cache iPhone

1. Membersihkan Cache Safari

Safari adalah browser web bawaan iPhone yang dapat menyimpan cache untuk situs web yang Anda kunjungi. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan cache Safari:

  • Buka Pengaturan di iPhone Anda.
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi “Safari”. Ketuk untuk membukanya.
  • Gulir ke bawah lagi dan ketuk “Hapus Riwayat dan Data Situs Web”.
  • Konfirmasikan tindakan Anda dengan memilih “Hapus Riwayat dan Data Situs Web” lagi.

Dengan melakukan ini, Anda akan menghapus semua riwayat penelusuran, cache, dan cookie yang disimpan oleh Safari.

2. Membersihkan Cache Aplikasi

Banyak aplikasi lain juga menyimpan cache untuk meningkatkan kinerja mereka. Berikut adalah cara membersihkan cache aplikasi di iPhone:

  • Buka Pengaturan di iPhone Anda.
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi “Umum”, lalu ketuk.
  • Pilih “Penyimpanan iPhone” atau “Penyimpanan & iCloud Penggunaan” tergantung pada versi iOS Anda.
  • Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang menggunakan penyimpanan. Pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan cache-nya.
  • Setelah memilih aplikasi, Anda akan melihat opsi untuk “Hapus Cache” atau “Hapus Data”. Ketuk untuk membersihkan cache aplikasi tersebut.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan pengaturan bawaan iPhone, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk membersihkan cache dan file sementara. Beberapa aplikasi populer termasuk Clean Master, PhoneClean, dan iMyFone Umate.

4. Restart Perangkat Anda

Seringkali, hanya dengan me-restart iPhone Anda dapat membantu membersihkan cache dan meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan. Matikan perangkat Anda sepenuhnya, tunggu beberapa detik, lalu hidupkan kembali.

Membersihkan cache secara teratur dapat membantu menjaga kinerja iPhone Anda tetap optimal dan memastikan bahwa Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk data penting. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengelola cache perangkat Anda dan mengoptimalkan pengalaman pengguna iPhone Anda